A. MUQADIMAH

حمدا لله وشكرا على نعام الله صلاة وسلاما على رسول الله
Puji bagi Allah, Dzat yang telah menciptakan kita selaku khalifah di muka bumi ini. Membangun dan memakmurkan bumi dengan pendidikan dan dakwah adalah salah satu cerminan dari tugas khalifah.
Shalawat serta salam semoga selamanya terlimpah curah kepada pemimpin ummat yang mempunyai mu’jizat dan syafa’at, yakni baginda Rasulullah Muhammad Saw, kepada ahl al-bait, sahabat, serta generasi Islam yang menjadikan pendidikan sebagai panggilan jiwa demi terciptanya peradaban ummat.
Untuk melakukan pendidikan demi terciptanya generasi muslim yang berkualitas, kami pengurus Yayasan Pendidikan Islam Miftahul Falah Cileunyi kulon kecamatan Cileunyi kabupaten Bandung, terus berusaha agar Pondok Pesantren Tetap terjaga dan terpelihara dalam memberikan layanan pendidikan pada masyarakat sekitar dan umum.
Usaha ini kami lakukan demi kenyamanan dan kelancaran proses belajar belajar untuk mencetak generasi muslim berkualitas khairul bariyah, yaitu generasi muslim yang memiliki kecerdasan intelektual (intellectual qustion), kecerdasan emosional (emotional quetion) dan kecerdasan spiritual (spiritual qustion). Hal ini memberikan pengaruh adanya pondok pesantren tidak saja terlihat pada kehidupan santri, melainkan juga meliputi kehidupan masyarakatnya.
Kami menyadari bahwa usaha pembangunan Pondok Pesantren Miftahul Falah tahap tidak hanya bermodalkan kualitas iman yang kuat, tetapi juga membutuhkan kuantitas materi yang besar. Namun karena hal itu merupakan tugas suci bagi kita sebagai Muslim yang sejati, maka dengan La haula wala quwwata illa bi al-Allah, disertai semangat kerjasama, insya Allah pondok pesantren Miftahul Falah, akan berdiri megah, makmur dan menjadi sentral pemberdayaan serta peradaban ummat.

B. PROFIL
Awalnya, pondok pesantren Miftahul Falah lebih dikenal sebagai lembaga pendidikan pesantren yang salaf, yaitu lembaga yang dipergunakan untuk melakukan penggalian ilmu agama Islam lewat pengkajian kitab kuning. Dengan adanya perubahan zaman, lembaga ini mengembangkan diri dan meningkatkan potensinya menjadikan lembaga Yayasan Pendidikan. Sehingga Yayasan ini membawahi beberapa jenis pendidikan yang berguna untuk masyarakat, diantaranya :
1. Pendidikan pra sekolah RA- MDA
2. Majlis Ta’lim,
3. Pondok Pesantren,
4. Ikatan remaja dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya.
5. Pengelolaan santunan untuk Yatim Piatu
Dengan demikian upaya sistematis dan metodologis untuk melahirkan tenaga-tenaga potensial bagi proses transformasi sosial umat Islam lebih terasa.
Esensi Islam yang tidak hanya mengatur ibadah ritualistik, dan hubungan teologik dengan Tuhannya semata, melainkan juga menaruh konsen terhadap perilaku (behaviora) manusia dalam hubungan dengan sesama dan dunianya. Tenyata, membawa rahmat dan pengaruh terhadap usaha-usaha pondok pesantren untuk menghasilkan pemuka-pemuka agama unggulan sebagai mesin transformasi sosial umat Islam.

C. JENJANG, SARANA, DAN KEGIATAN

1) Santril mukim (mondok)
Adalah dipertuntukkan bagi santri dari masyarakat sekitar dan umum (sekolah/kuliah ataupun tidak)
a. Asrama Putra
    – 1 Bangunan kost
    – 1 Banguan kamar 2 lantai
    Asrama Putri
    – 1 Bangunan kost
    – 2 bangunan kamar 2 lantai
b. Tempat belajar
    – Aula
    – Madrasah
    – Mesjid
    – Rumah ustad
c. Kegiatan;
 Mengkaji berbagai kitab kuning (gundul) sebagaimana yang biasa dilaksanakan pada tiap pondok pesantren.
– Kitab-kitab yang dipelajari
Nawu, Sharaf, Fiqih, Tashawuf, Tafsir, qiroat
– Waktu Pembelajaran
Ba’da ashar, Ba’da Magrib, Ba’da isya, dan ba’da shubuh
– Para Asatid
Ust. Asep Saeful Amin
Ust. J. Tsamroul Fuad
Ust. H. A Mulyadi
Ust. J. Zainal Abidin
Ust. Ayi Za
 Shalawatan/ziarah
 Pengembangan Kemampuan dan keorganisasian

2) RA (Raudhatul Athfal)
– Kelas Belajar 2 Ruang
– Fasilitas Kursi Dan Meja Lengkap

3) MDA (Madrasah Diniyah)
– Fasilitas meja kursi untuk 2 kelas
– Ruang belajar luas
4) Majelis Taklim
– Madrasah
5) Mesjid
6) Memberdayakan pondok pesantren sebagai soko guru dan kekuatan inti dalam proses transmisi, edukasi dan transformasi ajaran islam.

About RA Miftahul falah

Membangun Negeri dengan membina generasi islami
This entry was posted in Informasi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s