Silabus & RPP

SILABUS


 

Satuan Pendidikan     :    SMAN Jatinunggal
Mata Pelajaran     :    Fisika
Kelas / Semester    :     X/Semester 1
   


 

Standar Kompetensi : 3. Mendeskripsikan gejala alam dalam cakupan mekanika klasik sistem diskret(partikel)

Mengetahui pengertian gerak
 
 
 
 
Mengetahui perbedaan jarak dan perpindahan
 
Mengetahui perbedaan kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat
 
 
 
 
 
 
 
Melakukan identifikasi karakteristik GLB dan alat percobaannya
 
 
 
 
Melakukan identifikasi karakteristik GLBB dan alat percobaannya
 
 
 
 
 
 
Mengetahui perbedaan percepatan rata-rata dan percepatan sesaat
Mengetahui konsep-konsep besaran fisika GLB dan GLBB dalam penyelesaian masalah
 
Kompetensi Dasar 
Materi Pokok dan Uraian Materi
Indikator
Pengalaman Belajar
Penilaian 
Alokasi
Waktu 
Sumber/
Bahan/
Alat
Jenis Tagihan
Bentuk
Instrumen 
Instrumen 
Menganalisis besaran-besaran fisikapada gerak lurus beraturan(GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB)

 
Gerak adalah peristiwa yang mengenai benda, materi atu sistem sehingga benda tersebut mengalami perubahan letak terhadap titik acuan tertentu
Perpindahan adalah perubahan kedudukan suatu benda karena adanya perubahan waktu
Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu benda dalam selang waktu tertentu
Kecepatan rata-rata didefinisikan sebagai hasil bagi antara perpindahan dengan selang waktunya
Kecepatan sesaat adalah kelajuan sesaat beserta dengan arahnya
 
GLB didefinisikan sebagai gerak suatu benda pada lintasan lurus dengan kelajuan
 
 
 
 
GLBB didefinisikan sebagai suatu gerak suatu benda pada lintasan garis lurus dengan percepatan tetap
 
 
 
 
 
Percepatan rata-rata didefinisikan sebagai hasil bagi antara perubahan kecepatan benda () dengan selang waktu berlangsungnya perubahan kecepatan tersebut
Percepatan sesaat adalah perubahan kecepatan yang berlangsung dalam waktu singkat
Mendefinisikan pengertian gerak
Membedakan jarak dan perpindahan
 
Membedakan kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat
 
 
 
 
 
Menyimpulkan karakteristik gerak lurus beraturan (GLB) melalui percobaan dan pengukuran besaran-besaran terkait
Menyimpulkan karakteristik gerak lurus berubah beraturan (GLBB) melalui percobaan dan pengukuran besaran-besaran terkait
 
Membedakan percepatan rata-rata dan percepatan sesaat
 
 
 
Menerapkan besaran-besaran fisika dalam GLB dan GLBB dalam bentuk persamaan dan mengguynakannya dalam pemecahan masalah
Kuis
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Tugas kelompok
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Tugas kelompok
Uraian objektif
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Uraian objektif
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Performan
Terlampir
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Terlampir
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Terlampir
5 × 45′
Sumber:

Buku Fisika kelas X SMA

Sumber:

Buku Fisika kelas X SMA

Alat:

Ticker timer, buku tebal, papan sebai landasan,

Kereta-keretaan, gunting


 

Memprediksi besaran-besaran fisika pada gerak melingkar beraturan dan gerak melingkar berubah beraturan
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Menjelaskan hukum Newton sebagai konsep dasar dinamika, dan mengaplikasikannya dalam persoalan-persoalan dinamika sederhana
Gerak melingkar beraturan didefinisikan sebagai gerak suatu partikel dengan vektor kecepatan sudut, , tetap
Percepatan sentripetal didefinisikan sebagai percepatan yang selalu tegak lurus terhadap kecepatan linearnya dan mengarah ke pusat lingkaran
Jika resultan gaya pada saat benda sama dengan nol, maka:
Benda yang mula-mula diam akan tetap diam dan benda yang mula-mula bergerak akan terus bergerak dengan kecepatan tetap
Percepatan yang dihasilkan oleh resultan gaya yang bekerja pada suatu benda berbanding lurus dengan resultan gaya, searah dengan resultan gaya dan berbanding terbalik dengan massa benda
Untuk setiap aksi, ada suatu reaksi yang sama besar tetapi berlawanan arah
Gaya gesek adalah gaya kontak yang berarah sejajar bidang sentuh
Percepatan sentripetal, as, disebabkan oleh gaya sentripetal Fs, yang dirumuskan oleh:
Fs=m as; Fs= m v2/r; Fs=m2r
Merumuskan gerak melingkar beraturan secara kuantitatif
 
Menjelaskan pengertian percepatan sentripetal, dan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari
 
Memberikan contoh gerak melingkar beraturan dan gerak melingkar berubah beraturan
 
 
Memberikan contoh penerapan hukun newton dengan menggunakan b erbagai media
Melakukan percobaan yang berhubungan dengan hukum-hukum Newton
 
 
Melukiskan gaya-gaya yang bekerja pada suatu benda
 
 
Menjelaskan pengertian gaya berat dan gaya gesekan, serta contoh aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari
Menjelaskan konsep gaya sentripetal pada gerak melingkar beraturan
Melakukan analisa kuantitatif untuk persoalan-persoalan dinamika sederhana pada bidang tanpa gesekan
 
Mengidentifikasi beberapa besaran yang terkait dengan GMB
 
Menggunakan konsep-konsep percepatan sentripetal dalam kehidupan sehari-hari
 
Menemukan contoh-contoh gerak melingkar beraturan dan gerak melingkar berubah beraturan
Menemukan contoh-comtoh peerapan hukum Newton
Melakukan identifikasi alat-alat percobaan tentang hukum Newton
Mengenal dan menggambarkan diagram-diagram gaya yang bekerja pada benda
Mengetahui pengertian gaya berat dan gaya gesekan, serta dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari
Mengaplikasikan konsep gaya sentripetal pada gerak melingkar beraturan
Menerapkan strategi pemecahan masalah dalam kasus dinamika sederhana
Ulangan Harian
Uraian
Terlampir
5×45′
Sumber:

Buku Fisika kelas X SMA

Bahan: kelereng

Kertas

Meja dengan permukaan kaca

Tali bola ember pegas

Balon

Kayu

tali

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

 
Satuan Pendidikan    : SMAN Jatinunggal
Mata Pelajaran    : Fisika
Kelas/Semester    : X/1
Materi Pokok        : Gerak Lurus
Sub Materi        : Kedudukan, jarak, dan Perpindahan
Alokasi Waktu    : 1 x 15 menit

 

Standar Kompetensi
3.
Mendeskripsikan gejala alam dalam cakupan mekanika klasik sistem diskret(partikel)

 
Kompetensi Dasar
Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak lurus beraturan(GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB)

 
Indikator
Mendefinisikan pengertian gerak
Membedakan jarak dan perpindahan

 
Tujuan Pembelajaran
    Setelah selesai pembelajaran siswa diharapkan dapat:
Menjelaskan pengertian gerak
Memberikan contoh-contoh benda yang bergerak
Menjelaskan pengertian jarak, kedudukan dan perpindahan
Menjelaskan perbedaan antara jarak, kedudukan dan perpindahan

 

 

 

 
Materi Pokok
Gerak adalah peristiwa yang mengenai benda, materi atu sistem sehingga benda tersebut mengalami perubahan letak terhadap titik acuan tertentu
Kedudukan adalah letak suatu benda pada suatu waktu tertentu
Perpindahan adalah perubahan kedudukan suatu benda karena adanya perubahan waktu
Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu benda dalam selang waktu tertentu

 
Metode Pembelajaran
Metode    : Ceramah, diskusi dan tanya jawab
Pendekatan: Ekspositori

 
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (2′)
Guru memulai proses pembelajaran dengan mengucapkan salam dilanjutkan dengan menanyakan kabar sisiwa
Guru menjelaskan tujuan materi yang akan dipelajari
Motivasi dan apersepsi
Bagaimana    seseorang dikatakan bergerak?
Prasyarat pengetahuan
Apa syarat yang harus dipenuhi agar benda dikatakan bergerak?
Besaran-besaran apa saja yang mempengaruhi gerak suatu benda?


 

Kegiatan Inti (10′)
Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
Guru memberikan persoalan sebagai bahan diskusi
Guru menjelaskan materi yang esensial tentang jarak, kedudukan dan perpindahan
Guru dan siswa mendiskusikan perbedaan jarak, kedudukan dan perpindahan
c.    Kegiatan Penutup (3′)
Guru memberikan kesempatan bertanya pada siswa bila ada yang belum dipahami.
Guru memberikan kuis kepada siswa dan siswa mengisinya.

 
Alat, Media dan Sumber Belajar
Alat    : Papan tulis, spidol
Media    : Charta

Sumber    : Buku Fisika kelas X SMA


 
Penilaian
Jenis Tagihan: Tugas Individu (terlampir)
Bentuk Instrumen: Uraian

 

 

 

 

 

 

 
Bandung, 11 Januari 2010

 
Mengetahui,

Dosen Pembimbing

Hj. Ade Yeti Nuryantini, S. Pd, M. Pd

NIP. 132 188 856

 
Praktikan
 
 
Nurul Aeni
NIM. 207 202 212 


 


 


 


 


 


 



 


 

Soal Diskusi


 

Bayangkan peristiwa berikut.

Budi menendang bola dari titik penalti menjebol gawang lawan.
Diantara Budi, bola, titik penalti dan gawang:
Manakah yang berpindah (berubah) letak? Sebutkan lertak perpindahannya!
Manakah yang bergerak?

 
Setelah bangun tidur, Arman berjalan ke kamar mandi.

Diantara Arman, kamar tidur dan kamar mandi:

Manakah yang bergerak? Jelaskan alasannya!
Manakah yang tidak bergerak? Jelaskan pula alasannya!

 
Dari dua peristiwa itu, coba simpulkan pengertian gerak.
Benda dikatakan bergerak bila……………………………………………………
Benda dikatakan tidak bergerak (diam) apabila………………………………….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Kuis

 
  1. Bagaimana syarat agar benda dikatakan bergerak?
  2. Bagaimana perbedaan antara jarak, kedudukan dan perpindahan?
  3. Perhatikan gambar berikut!

Suatu benda bergerak dari A ke C kemudian berbalik menuju ke B. Hitung jarak dan perpindahan yang ditempuh oleh benda tersebut.


 

 

 

 

 

 
Lembar jawaban

 
  1. Jarak A ke B melalui C    = panjang ACB

                        = panjang Ac + panjang CB

                        = 8+3=11m

    Perpindahan dari A ke B melalui C,, adalah:

        = xB-xA

            = 2 – (-3) = +5m

    Arah positif menyatakan bahwa perpindahan berarah ke kanan

    Tugas Kelompok
     

    Soal Diskusi

    Mari kita perhatikan kasus berikut!

    Suatu hari Budi berangkat ke sekolah mengendarai sepeda motor. Dalam waktu 6 menit ia telah sampai di pintu gerbang sekolahnya yang terletak sejauh 3600 m sebelah barat rumahnya. Namun, tiba-tiba Budi teringat bahwa isi bolpoinnya habis. Oleh karena itu, Budi membalikkan arah sepeda motornya ke arah timur menuju toko alat tulis yang terletak sejauh 1200 m di sebelah timur sekolahnya. Ia menempuhnya selama 2 menit. Berapa kecepatan rata-rata dan kelajuan rata-rata sepeda motor yang dikendarai Budi dari rumah sampai toko?

    Jawaban Diskusi

    Diket    : t1 = 6 menit = 360 s

             s1 = 3600 m

             s2 = 1200 m

             t2 = 2 menit = 120 s

    Dit        : kecepatan rata-rata dan kelajuan rata-rata

    Jawab    :

    rata-rata = = ke barat

    V rata-rata     = jarak yang ditempuh/selang waktu

                =

    LEMBAR KERJA SISWA
     
    Tujuan
    Menyelidiki gerak l;urus suatu benda dengan ticker timer.
     
    Alat dan bahan
  2. Sebuah ticker timer
  3. Beberapa buah buku tebal
  4. Sebuah papan sebagai landasan
  5. Sebuah kereta-keretaan
  6. Sebuah gunting
     
    Langkah Kerja
  1. Lakukan persiapan sebagai berikut. Buatlah landasan miring dengan cara mengganjal salah satu landasan dengan buku. Aturlah kemiringan sedikit demi sedikit dengan cara mengatur ketebalan buku sampai kereta-keretaan di puncak landasan tepat meluncur ke bawah. Perhatikan gerak kereta tersebut. Jika kereta merluncur makin lama makin cepat, maka kamu harus mengurangi kemiringan landasan. Jika pengaturan kemiringnan landasan sudah tepat, baru kamu lakukan langkah berikut
  2. Hubungkan kereta-keretaan dengan ticker timer dan biarkan kereta-keretaaan bergerak menuruni landasan sambil menarik pita ketik.
  3. Guntinglah pita yang ditarik oleh ticker timer hanya ketika ticker timer bergerak pada landasan miring.
  4. Kita akan menggunting pita menjadi beberapa bagian dimana setiap bagian memilki selang waktu 5 ketikan. Karena itu beril
    ah tanda pada pita untuk setiap jarak 5 ketikan. Selanjutnya, dengan menggunakan gunting, potoglah pita menjadi beberapa bagian sesuai dengan tanda yang telah Anda berikan.
  5. Tempelkan tiap potongan kertas secara berurutan ke samping kanan sehingga diperoleh diagram batang
  6. Amati diagram batang yang Anda peroleh, kemudian nyatakanlah karakteristik dari gerak lurus beraturan!
    Kuis
Sebuah lori sedang bergerak lurus beraturan dan menempuh jarak 100 cm dalam 2 sekon. Tentukan (a) kecepatannya, (b) lama lori untuk menempuh jarak 25 cm?

 
Diket    : = 100 cm
         t = 2 s
Dit        : v dan t dengan s = 25 cm
Jawab    :
  1. Kecepatan
    v =
  2. Untuk jarak =25 cm, selang waktu, t, adalah:

= vt ; t =

About RA Miftahul falah

Membangun Negeri dengan membina generasi islami
This entry was posted in RPP. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s