Konsep Manusia Sempurna Menurut Ibnu ‘Arabi

ABSTRAKS
ARIANTO : Konsep Manusia Sempurna Menurut Ibnu ‘Arabi.
    Filsafat merupakan salah satu bidang yang selalu menusuk nurani kehidupan sesuai dengan zamannya. Filsafat manusia merupakan bagian integral dari filsafat sistematis yang selalu mempertanyakan kodrat manusia. Di dalam bidang filsafat, pemahaman manusia bisa ditelusuri berdasar pendapat dan keyakinan para filosof yang mencoba menginterpretasikan kehidupan pada masanya, menyajikan pemahaman yang bisa membantu membimbing kehidupan. Seorang tokoh filsafat juga sufi yaitu Ibnu ‘Arabi, ketika dia membahas manusia, beliau menitikberatkan bagaimana agar menjadi seorang manusia yang sempurna yang mampu menjadi khalifah di muka bumi ini.
    Penelitian ini secara praktis berguna bagi perkembangan pribadi, manfaat bagi hidup sezaman dan setempat, sumbangan bagi pembangunan negara dan masyarakat. Secara akademis, yaitu sebagai sumbangan bagi pengembangan ilmu filsafat, memperoleh bahan baru dan memberikan interpretasi baru.
    Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa setiap sifat Tuhan menjelmakan diri di berbagai intensitasnya pada segala sesuatu dalam kosmos. Setiap entitas memiliki kesiap-sediaan tertentu yang memungkinkannya untuk menunjukkan sifat-sifat wujud pada tingkatan tertinggi atau terendah. Manusia memiliki kemampuan unik untuk menampilkan nama-nama ketuhanan secara penuh, manusia sempurna adalah tujuan Tuhan dalam menciptakan kosmos, tatkala disadari hanya melalui mereka saja Dia dapat menampakkan sifat-sifat-Nya secara total, hanya di dalam diri mereka saja terbentang kesempatan bagi wujud untuk menggapai kesempurnaannya.
    Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Dan metode ini dilaksanakan dengan menggunakan teknik book survey (studi pustaka), yaitu suatu metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam rangka pengumpulan satu bahan penelitian, dengan teknik tertentu yaitu yang diteliti berupa buku-buku dan bacaan lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini.

    Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa konsep manusia sempurna dalam pandangan Ibnu ‘Arabi yaitu manusia yang mampu memanifestasikan Nama-nama Ilahiyah atau Atribut-atribut Tuhan secara paripurna. Ibnu ‘Arabi mengatakan bahwa manusia sempurna atau insan kamil pada satu sisi (sisi ontologis) merupakan wadah tajalli (penampakan lahir) yang paling sempurna dari citra Tuhan, di sisi lain (sisi mistis) ia merupakan manusia yang telah menyadari kesatuan realitasnya dengan Tuhan. Dapat dikatakan bahwa yang menjadi ciri-ciri Manusia sempurna adalah manusia yang mampu menampilkan sifat-sifat Allah sejauh yang mungkin dipikul oleh manusia, sampai pada batas yang paling mungkin di alam fana ini.

About RA Miftahul falah

Membangun Negeri dengan membina generasi islami
This entry was posted in Skripsi. Bookmark the permalink.

One Response to Konsep Manusia Sempurna Menurut Ibnu ‘Arabi

  1. Pingback: konsep manusia « Setya190's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s