Implementasi Puasa Sunat Senin

ABSTRAK
Lala komala: Implementasi Puasa Sunat Senin Kamis Santri Pengaruhnya Terhadap Perilaku Keagamaan Mereka Sehari-hari
(Penelitian Di Pondok Pesantren Miftahul Falah Cileunyi Kulon Bandung)

 
Secara umum penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa akhlaq tidak akan muncul begitu dalam diri seseorang, melainkan ia lahir karena di pengaruhi beberapa faktor, antara lain faktor yang timbul dari dalam diri, salah satu faktor yang dapat mempengaruhi akhlak yang dari dalam dirinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhnya Implementasi Puasa Sunat Senin Kamis Santri Pengaruhnya terhadap perilaku keagamaan mereka sehari-hari, selain itu juga untuk mengetahui kadar pengaruhnya Variabel tersebut.
Permasalahan diatas bertolak dari sebuah pemikiran bahwa Implementasi Puasa Sunat Senin Kamis dipengaruhi oleh perilaku keagamaan mereka sehari-hari. Hal ini dapat di tarik suatu hipotesis yakni semakin tinggi Implementasi Puasa Sunat Senin Kamis Santri maka semakin tinggi pula perilaku keagamaan mereka sehari-hari.
Akhlaq santri sehari-hari akan di pengaruhi oleh adanya Implementasi Puasa Sunat Senin Kamis, kemampuan santri memahami sesuatu akan mewarnai perilaku dan akhlaq santri dalam kehidupan sehari-hari. oleh karena itu penelitian ini berangkat dari hipotesis semakin baik perilaku santri di pondok pesantren miftahul falah terhadap pelaksanaan puasa sunat senin kamis santri pengaruhnya terhadap perilaku keagamaan mereka sehari-hari .
Langkah yang di tempuh dalam penelitian ini meliputi penentuan lokasi penelitian, penentuan populasi dan sampel. Penentuan teknik pengumpulan data. adapun metode yang digunakan adalah metode survey dan teknik pengumpulannya adalah observasi, wawancara, tes, angket, dan studi perpustakaan, populasi dari penelitian ini adalah 120 orang. Dengan sampel 40% dari 120 yaitu 48 orang santri, data yang diperoleh kemudian di analisis secara statistik untuk memperoleh temuan atas data yang ada di olah secara kuantitatif.

Dari hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Puasa Sunat Senin Kamis Santri Pengaruhnya terhadap perilaku Keagamaan Mereka sehari-hari termasuk kualifikasi baik (53,79) karena berada pada interval 47-60. serta perilaku keagamaan mereka sehari-hari termasuk kualifikasi cukup (3,37) karena berada pada interval 2,5-3,5. dari hasil analisis korelasi antara kedua variabel di peroleh nilai variabel dan di peroleh nilai koefesien korelasi baik yaitu 4,56. sedangkan kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y Sebesar 34%. dengan demikian dapat disimpulkan salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku santri adalah Implementasi Puasa Sunat Senin Kamis Santri Pengaruhnya terhadap perilaku keagamaan mereka sehari-hari dan masih terdapat 4,44% faktor lain yang dapat mempengaruhi terhadap perilaku keagamaan mereka sehari-hari.

About RA Miftahul falah

Membangun Negeri dengan membina generasi islami
This entry was posted in Skripsi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s