RPP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Satuan Pendidikan     :    Sekolah Dasar

Mata Pelajaran     :     Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas / Semester     :     VI / II

Materi Pokok     :     Gejala alam Indonesia dan tetangga

Sub materi pokok     :     Kemampuan alam Indonesia dan Negara Tetangga

Alokasi Waktu     :    6 x 35 ( 2 x pertemuan)

  1. Standar Kompetensi

    2. Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya

  2. Kompetensi Dasar

    2.1 Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara

    tetangga

  3. Indikator
  • Mengidentifikasi gejala alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
  • Membandingkan ciri-ciri gejala alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
  1. Tujuan Pembelajaran
    1. Melalui metoda penugasan, siswa mampu menemutunjukan pada peta letak dan hanam-nama negara tetangga Indonesia
    2. Melalui diskusi, siswa dapat membandingkan ciri-ciri gejala alam yang terjadi di Indonesia dengan negara tetangga
  2. Materi

    Kenampakan gejala alam Indonesia dan Negara tetangga

    Apakah yang dimaksud negera tetangga?

    Negara tetangga adalah negara-negara yang berdekatan dengan negara kita.

    Negara tetangga kita ada yang berbatasan dengan negara Indonesia, malahan ada yang satu pulau, ada pula begara tetangga dalam satu wilayah benua, maupun berbeda benua.

    Negara-negara yang bertetangga dengan Indonesia adalah Australia, Brunei Darussalam, Myanmar, Kamboja, Malaysia, Laos, Filipina, Singapura, Thailand, Timor leste.

    Kita perhatikan kenampakan alam dari peta, ada negara yang terdiri dari satu pulau dan ada negara yang memiliki beberapa pulan (kepulauan).

    Secara geografis letak negara Indonesia diapit oleh dua benua, yaitu benua Asia dan benua Australia, serta diapit oleh dua samudra, yaitu samudra Pasifik dan samudra Hindia. Begitu pula beberapa negara tetangga kita. Mari kita bandingkan keadaan geografis negara Indonesia dengan negara tetangga lainnya dengan cara memperhatikan peta!

  3. Pendekatan, Metoda dan Sumber
    1. Pendekatan     : konstuktif
    2. Metoda     : ceramah, penugasan, diskusi
    3. Sumber     : – KTSP

      – Buku belajar pengetahuan sosial 6B

      Penerbit : PT. Sarana Pancakarya Nusa

      Karangan : Dra. Nita SUherneti

  4. Langkah-langkah pembelajaran
    1. Kegiatan awal (10 menit)
      1. Guru mengkondisikan siswa
        1. Merapikan duduk siswa
        2. Mengabsen siswa satu persatu
      2. Melaksanakan kegiatan apersepsi
        1. menanyakan materi yang sudah diberikan
        2. memberitahukan materi yang akan disampaikan
        3. memberitahukan tujuan pembelajaran
    2. Kegiatan inti (50 menit)
      1. Guru memberitakan pertanyaan pre tes kepada siswa
      2. Siswa diberi kesempatan menjawab pertanyaan yang diajukan guru
      3. Guru menyuruh siswa untuk ke depan keals secara bergiliran
      4. Siswa secara bergiliran menunjukkan letak negara-negara tetangga Indonesia pada globe
      5. Guru menjelaskan definisi gejala alam melalui media
      6. Siswa menemukan defisini gejala alam melalui media(globe)
      7. Guru menjelaskan jenis-jenis gejala alam di Indonesia
      8. Siswa mengidentifikasi jenis-jenis peristiwa alam di Indonesia
      9. Guru menjelaskan jenis-jenis peristiwa alam di negara-negara tetangga
      10. Siswa memperhatikan penjelasan guru dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam proses.
      11. Guru menyempurnakan jawaban siswa
    3. Kegiatan akhir (10 menit)
      1. Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi
      2. Guru memberikan tugas akhir untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi, lalu dikumpulkan
      3. Guru menutup pelajaran
  5. Evaluasi
    1. Prosedur tes : – tes proses

               – Tes hasil

    2. Jenis tes : – lisan

      – Tulisan

    3. Bentuk tes

      Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar !

      1. Negara-negara apa saja yang menjadi tetangga negara Indonesia !
      2. Sebutkan negara-negara tetangga yang berbatasan dengan negara Indonesia!
      3. Jelaskan letak geografis negara Indonesia !

      Jawaban :

      1. Kamboja, Filipina, Malaysia, Myanmar, Laos, Australia, Brunei Darussalam, Singapura, Thailand, Timor Leste.
      2. Malaysia, timor leste
      3. Indonesia diapit dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Serta diapit dua samudra, yaitu samudra pasifik dan samudra Hindia.

         

 

About RA Miftahul falah

Membangun Negeri dengan membina generasi islami
This entry was posted in RPP, Tutorial. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s